.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Kotaku, Balikpapan


Balikpapan: Dari Hutan ke Kota Paling Dicintai di Dunia



Hai teman-teman, kali ini saya akan menceritakan tentang kota Balikpapan. Sebelumnya, kalian tau nggak sih tentang kota Balikpapan? Yap, kota ini dikenal sebagai kota minyak. Biasanya orang awam banyak yang bilang kalau Balikpapan adalah kota termaju di Provinsi Kalimantan Timur dan termahal di Indonesia. Sebenarnya tidak juga, tetapi di Balikpapan bisa dibilang gajinya juga cukup besar sesuai dengan biaya kehidupan di kota tersebut. Tertarik untuk kerja disini? hahaha...
Bagi kebanyakan orang yang belum tau tentang kota Balikpapan, pasti teman-teman berpikir kota ini paling identik dengan hutan. Ets, kalian salah nihh... yuk kita intip tentang Balikpapan.
Baca Selengkapnya >>
 

1. Budaya
karena sebagian besar masyarakat di balikpapan adalah warga "perantuan" jadiii, di kota ini punya berbagai macam suku-suku yang ada di Balikpapan, contohnya:
  1. Bugis
  2. Banjar
  3. Jawa
  4. Dayak
  5. Kutai
  6. Cina
Bahasa daerah
Bahasa daerahnya pun sesuai dengan suku yang ada. Seperti:
  1. Bahasa Banjar
  2. Bahasa Bugis
  3. Bahasa Jawa
  4. Bahasa Kutai
Bagi masyarakat yang sudah lama menetap di Balikpapan pasti terbiasa dengan bahasa yang umum digunakan di kota minyak ini, contohnya seperti: 
1. "aih nda nyata", bubuhan, ih asli eh, loh iya kaah?
2. ga ada nah yaa, coba nahh
andalannya seperti "nah" "kah"

2. Makanan Khas
Teman-teman, di Balikpapan juga memiliki makanan khas daerah ini lohhh. Yuk langsung aja..

  1. Aneka Olahan Kepiting
  

Balikpapan merupakan salah satu daerah penghasil kepiting bakau terbaik di Indonesia. Menu kepiting lada hitam, kepiting saos special, kepiting saus tiram,kepiting tauco, hingga kepiting goreng mentega ada disini. Olahan lain yang lebih awet dan tahan dalam jangka waktu yang lebih lama yaitu abon kepiting yang banyak dijual dibeberapa minimarket ataupun toko-toko penjual oleh-oleh khas Balikpapan. Tempat yang paling terkenal adalah "DANDITO"

  1. Bingka




Bingka merupakan salah satu kuliner khas Balikpapan. Makanan berbahan dasar kentang ini meskipun tidak tahan lama. Padu padan kentang, telor, mentega, gula, susu, dan santan akan menciptakan citarasa yang gurih, manis dan lezat.
  1. Amplang

Amplang merupakan makanan ringan semacam kerupuk. Bahan utamanya terdiri dari tepung, telor,  beragam bumbu rempah, dan daging ikan pipih. Ikan pipih sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dulu banyak terdapat diperairan Kalimantan. Namun keberadaan ikan ini sudah jarang kita temui hingga dewasa ini, pembuat amplang menggantinya dengan daging ikan tengiri.

3. Ciri Khas

Balikpapan adalah kota yang warganya sangat majemuk, baik itu dilihat dari aspek suku, agama, budaya, profesi, dan lain sebagainya. Demikian keadannya sehingga menjadi agak sulit untuk menemukan sesuatu yang dianggap ciri khas Kota Balikpapan. Tapi apakah Balikpapan adalah kota yang benar-benar tidak memiliki ciri dan keunikan yang membedakannya dengan kota-kota lain? Beberapa hal di bawah ini bisa jadi hanya dapat ditemukan di Balikpapan dan tidak ada di daerah lain.

1.      Taksi vs Angkot

Di daerah lain, yang disebut "taksi" lazimnya adalah kendaraan umum berupa mobil sedan yang tarifnya berdasarkan sistem argo. Tidak demikian halnya di Balikpapan. Di Kota Minyak ini  sebutan "taksi" justru dialamatkan untuk kendaraan angkutan massal berupa minibus dengan kapasitas 8-10 orang penumpang yang di daerah lain lebih umum disebut angkotan kota (angkot). Jadi bila anda berasal dari luar daerah dan baru saja berada di Balikpapan, jangan kaget atau mengira kebanyakan warga setempat sebagai orang kaya hanya karena mereka sering bepergian ke sana-sini dengan naik "taksi".
2.       Ibukota Kalimantan
 Rasanya tidak ada kota lain di negara ini –yang bukan merupakan ibukota provinsi- yang menjadi kedudukan berbagai instansi strategis. Mulai dari bandara internasuonal (Sepinggan), Markas Komando Daerah Militer (Tanjungpura-membawahi seluruh Kalimantan), Telkom (Divisi Regional Kalimantan), hingga Polda (Kalimantan Timur). Jadi , pernahkah anda mendengar “Balikpapan, ibukota Kalimantan”?

3.      Bergunung Tapi Tak Bergunung
Begitu anda menjejakkan kaki di Balikpapan lalu berkeliling kota, anda akan menyadari bahwa begitu banyak jalan yang naik-turun di kota ini. Anda tentu akan mulai mengira bahwa banyak gunung di Balikpapan. Kenyataannya tidak. Kontur tanah di Balikpapan memang berbukit-bukit. Tapi kalau anda ingin mencari gunung, anda tidak perlu kecewa. Masih ada “Gunung Sari, “Gunung Polisi, “Gunung Tembak”, “Gunung Guntur”, bahkan sampai ada yang namanya “Gunung Bahagia” dan masih banyak lagi. Memang bukan gunung dalam artian sebenarnya, melainkan beberapa kawasan di Balikpapan yang dinamakan demikian.(hms/ren)


Nahh, sebelum saya selesai menceritakan kota Balikpapan, ada beberapa hal yang mau saya share nihh.. Jadi Balikpapan itu punya motto "Bersih, Indah, Aman dan Nyaman" terus ada "Green Clean and Healhty" atau sering disebut GCH. Nah yang paling keren nih Balikpapan tiap tahunnya mendapatkan gelar kota TERBERSIH 
bahkan meraih ranking kedua Cleanland wakil dari Indonesia se ASEAN. Jadi, temen-temen yang baru pertama kali kesini akan terkesan dengan bersihnya kota ini sesuai dengan mottonya.

Berikutnya, mendengar kota Balikpapan pasti tidak asing dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Bagi masyarakat yang pernah kesini pasti banyak yang bilang bandara ini terasa seperti Bandara Changi di Singapura. 
Sebelumnya, Bandara Sepinggan hanyalah sebuah bangunan sederhana dengan bentuk yang biasa saja. Namun, semenjak 22 Maret 2014 kemarin, bandara ini sudah bertransformasi jadi bangunan yang jauh lebih keren.


Dengan warna mayoritas putih dan banyak kaca, bandara ini hadir seperti permata baru di Balikpapan. Layaknya kebanyakan bandara di luar negeri seperti Bandara Kuala Lumpur dan Singapura, bandara ini hemat energi dengan banyaknya dinding kaca.
Mengintip megahnya Bandara Sultan Aji M Sulaiman di Balikpapan

itu dulu ya teman-teman tentang daerah kota kelahiran saya. sampai ketemu di post selanjutnyaa.

0 komentar:



Posting Komentar